Rabu, 23 Januari 2019

Not eleven day, but like the power of elephant

Nama: Mido Putra Nurdiansyah
Universitas: Universitas Airlangga
Fakultas: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Prodi: Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Garuda: 14
Ksatria: 18

Tanggal 3 Juli itulah waktu dan segala pengalaman pertama saya menyandang sebagai status Mahasiswa. Waktu dimana yang ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa sma dari berbagai tahun lulusan. Namjn tak sedikit pula dari mereka yang menyesali bahkan sampai menangis, karena mungkin mereka belum diberi rejekunya pada kesempatan kali itu.
Yaa.. benar pengumuman SBMPTN di Tahun 2018, entah mereka hanya iseng mengikutinya saja atau mereka yang sangat sungguh-sungguh dalam belajar dan berikhtiar. Entah lah hanya Tuhan yang mengetahui akan hal tersebut. Dan diri saya pun mengetahui jika jam 5 sore tepatnya adalah pengumuman tersebut baru bisa dibuka.
Saya sebelum itu telah memperbanyak berdo'a, dan saya sekeluarga membuka pengumuman di web yang telah ditentukan. Alhamdulillah tulisan "selamat" pun terpapar didepan layar laptop. Ketika itu diri saya dan orang tua menangis akan hal itu karena rasa bangga, senang, dan bersyukur akan hal itu. Hanya ucap syukur Alhamdulillah yang bisa saya ucapkan. Di grup SMA saya pun tak kalah ramainya tentang sebuah pertanyaan "Bagaimana". Saya juga tak kalah penasarannya dengan teman-teman saya, dan bertanya-tanya di benak saya "bagaimana?, dimana?".
Lepas itu tidak begitu saja selesai, saya harus mengikuti rangkaian beberapa acara diantaranya tes kesehatan, tes ELPT, pengumpulan dan verifikasi berkas, serta mengikuti segala kegiatan PKKMB. Namun sangat disayangkan nilai tes ELPT saya tidak memenuhi batas minimal yang telah ditentukan, dan harus mengikutinya lagi karena itu adalah salah satu syarat kelulusan/wisuda. Tanggal 2 Agustus 2018 disini lah awal membuka catatan baru tentang pengetahuan, pengalaman,  dan rasa kepedulian antar sesama kita dikukuhkan sebagai Mahasiswa UNAIR tahun 2018.
Dimana serangkaian acaranya sangat seru. Membentuk sebuah gambar yang bagus dari beberapa konfigurasi yang telah ditentukan panitia, meskipun tak banyak pula yang mengeluh. Namun kenyataannya itu adalah sebuah usaha keras kita yang bisa kita nikmati setelah acara tersebut. Tanggal 3 sampai 7 Agustus 2018 disitulah kami berkumpul, dan terdapat pembagian kelompok garuda dan dimana disetiap garuda terbagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil.
 Saya rasa disini benar - benar tempat dimana kita bisa melihat seberapa peduli dan kompak kita yakni di Garuda 14 Ksatria 18. Dimana sebelum itu kita diwajibkan membuat sendiri notebook beserta Id cardnya. Untungnya dirumah saya tepatnya di Sumenep Madura tersedia semua, padahal ketika itu ada yang menawari segala macam perlengkapan itu langsung jadi, artinya kita nerima jadinya dan nanti kita tinggal bayar. Di pikiran saya apa kenangannya kalau begitu, mending hasil usaha sendiri.
Dan dimana atribut sesuai dengan ketentuan yang ada, namun pembimbing kelompok saya sangat - sangat sabar, baik, dan disiplin. Membuat kelompok ini semakin erat hubungannya tidak memandang usia namun tetap selalu jaga sopan dan santun, bercanda boleh asal ada batasnya. Saya sangat bangga akan kelompok ini serta PK nya. Tiap - tiap garuda terdapat ketua garudanya,  dan setiap garuda terbagi lagi menjadi beberapa kelompok kstaria dan didampingi PK.
Tanggal 8 sampai 11 Agustus siang inilah waktu pengenalan kehidupan kampus di masing - masing fakultas. Dimana kapus oranye dan kampus pergerakan adalah sebutan dari kampus saya, disana kita berlandaskan pluralisme. Disana saya sangat bangga karena kita diajarkan untuk selalu disiplin, kompak, dan berani menyuarakan suara kita. Beberapa materi pun dituangkan seperti kebangsaan, budaya mahasiswa, dan membuat saya sebelumnya hanya memandang biasa saja materi sejarah, politik, dan sosial menjadi sangat senang untuk memperdalamkan dan mengaplikasikan. Dan tanggal 11 siang hari inilah waktu penutupan Amerta (PPKMB), yang di dalamnya berisi beberapa acara dari berbagai UKM serta terdapat juga bintang tamu(guest star). Sangat meriah dan sangat berkesan pada waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar